Senin, 03 November 2014

CARA MUDAH MERANCANG SOUND SYSTEM MASJID

Cara mudah merancang sound system masjid dengan menggunakan Speaker TOA. Mendisain Tata suara untuk masjid sangat berbeda dengan disain tata suara untuk musik. disain tata suara untuk kebutuhan masjid di harapkan dapat menghasilkan suara vokal yang jernih, jelas seperti suara yang di hasilkan dari sumber suara aslinya, karena hasil suara yang tidak jelas dapat merubah artikulasi dari makna yang sebenarnya, mengingat dalam setiap huruf hijaiyyah dalam Al-Qur'an  harus di baca dengan benar dan jelas agar tidak merubah manka dan artinya. Untuk itu akan saya sampaikan sedikit pengalaman mengenai instalasi tata suara untuk masjid, musolla. Contoh ruangan dalam Masjid dengan ukuran panjang 18 meter, lebar 10 meter (untuk ruangan yang tidak bergema dan satu lantai), Material yang di butuhkan :
1. 1 unit Amplifier Type ZA-2128
2. 6 unit Speaker ZS-203B
3. 1 unit mic imam ZP-361 
4. 1 unit mic kotib ( disesuaikan )
5. 1 unit mic Adzan ZM- 320
6. 2 mic untuk keperluan saat tadarus Al-Qur'an atau untuk keperluan yang lain kegiatan masjid.
7. 4 unit Horn Speaker ZH-5025BM / ZH-5025B
8. 4 unit saklar listrik ( untuk memutus zona speaker )

Keterangan :
- Apabila ada teras masjid dengan bentuk U maka bisa ditambahkan 4 ~ 6 speaker ZS-203 / ZS-403 / ZS-603 disesuaikan dengan luas halaman masjid. Serta penambahan unit amplifier sesuai total daya speaker.
- Model disain dengan material diatas adalah type sound standart yang kualitas suaranya cukup jernih dan jelas,  model speaker boleh diganti sesuai selera apabila di inginkan.
- Model disain diatas diharapkan agar mudah dalam operasional sehari-hari dan tidak merubah-ubah setingan yang sudah di setting dari awal dan memperpanjang usia pemakaian.

NB : Untuk ruangan dengan gema tinggi silahkan diganti dengan speaker type ZS-S60CW ini type speaker yang dirancang khusus untuk ruangan bergema.

Mudah-mudahan bermanfaat.
www.toamalang.com